Layanan

Layanan yang diberikan oleh BPOM-CSIRT meliputi aspek-aspek manajemen insiden keamanan siber:

Layanan Reaktif
Layanan reaktif dari BPOM-CSIRT merupakan layanan utama dan bersifat prioritas yaitu:

  1. Layanan pemberian peringatan terkait dengan laporan insiden siber
    Layanan ini dilaksanakan oleh Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan Badan POM berupa pemberian peringatan adanya insiden siber kepada pemilik sistem elektronik dan informasi statistik terkait layanan ini diberikan oleh BPOM-CSIRT.
  2. Layanan penanganan insiden siber
    Layanan ini diberikan oleh Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan Badan POM berupa koordinasi, analisis, rekomendasi teknis, dan bantuan on-site dalam rangka penanggulangan dan pemulihan insiden siber. BPOM-CSIRT memberikan informasi statistik terkait layanan ini.

Layanan Proaktif
BPOM-CSIRT secara aktif membangun kapasitas sumber daya keamanan siber melalui kegiatan :

  1. Layanan analisis risiko keamanan siber
    Layanan ini diberikan oleh Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan Badan POM berupa identikasi kerentanan dan penilaian risiko atas kerentanan yang ditemukan.
  2. Layanan pendeteksian serangan
    Layanan ini diberikan oleh Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan Badan POM berupa investigasi apakah benar sebuah insiden terjadi dan seberapa luas insiden tersebut.
  3. Pembangunan kesadaran dan kepedulian terhadap keamanan siber
    Dalam layanan ini BPOM-CSIRT mendokumentasikan dan mempublikasikan berbagai kegiatan terkait keamanan siber dalam rangka pembangunan kesadaran dan kepedulian ke konstituennya.